Amalan Supaya Hidup Tentram dan Berkecukupan dari Gus Iqdam

Banyak sekali wejangan dari pendiri Markas ST Nyell, Muhammad Iqdam Kholid atau Gus Iqdam yang berisi tentang amalan yang dapat menjadi solusi pelbagai situasi sulit hidup.

Kali ini tulisan ini akan mengulas tentang amalan anti ruwet yang membikin pengamalnya menikmati hidup tenteram dan berkecukupan.

Amalan ini lebih afdhal atau utama sekiranya diamalkan di bulan Ramadan. Saat ini umat Islam tengah menjalani bulan Ramadhon 2024, karenanya mengamalkan amalan dari Gus Iqdam ini Insya Allah akan pesat terkabul.

Sebab bulan suci Ramadan yakni bulan mahjong ways yang penuh rahmat dan kebarokahan. Selain itu amaliah di bulan ini akan menerima pahala yang berlipat ganda.

Ini Amalannya

  1. Baca Lailahaillallah Al Malikul Haqqul Mubin 100 kali

Gus Iqdam mengatakan bahwa salah satu amalan yang menyebabkan manusia selamat dari kefakiran yakni dzikir Lailahaillallah Al Malikul Haqqul Mubin 100 kali.

\\”Dawuhe kanjeng nabi sopo wonge seng sedino gelem dzikir Laa Ilaaha Illallah Al Malikul Haqqul Mubin ping satus, sampean iki aman soko kefakiran,\\” kata Gus Iqdam dikutip dari tayangan YouTube El Maynada Chanel, Sabtu (16/03/2024).

Adapun lafal arabnya yakni sebagai berikut,

لَا إِلهَ إِلَّا اللَّهُ الْمَلِكُ الْحَقُّ الْمُبِينُ
artinya: Tiada Yang Selain Allah, Yang yang Yang Benar dan Kongkret.

  1. Sholawat Jibril

Berikutnya, Gus Iqdam memapatkan bahwa amalan agar rezeki lancar dan hati merasa tenteram yakni sholawat Jibril. Adapun lafalnya adalan sebagai berikut:

صَلَّى اللهُ عَلَى مُحَمَّد
shallallaahu ‘ala Muhammad

Artinya: \\”(Ya Allah) berikanlah tambahan rahmat-Mu kepada junjungan kami Nabi Muhammad.\\”

Keutamaan membaca sholawat jibril 1000 kali yakni mendatangkan rezeki.

  1. Membaca Surat Yasin

Menurut Gus Iqdam membaca Yasin dapat membikin hati menjadi tenteram, kecuali kecukupan rezekinya. Ia menganjurkan, membaca surah Yasin minimal satu kali dalam sehari semalam.

Selain hati merasa tenteram, memperbanyak membaca surah Yasin, tentu saja akan menerima pahala yang besar serta terkabulnya sesuatu yang kita inginkan.

Keutamaan Berzikir

Menukil web baznas.jogjakota.go.id, dalam agama Islam, zikir mempunyai banyak keutamaan dan manfaat baik dari segi spiritual maupun psikis. Berikut yakni beberapa keutamaan zikir yang dapat diambil dari ajaran Islam:

Mendekatkan diri kepada Allah SWT: Zikir yakni sistem yang paling gampang dan tepat sasaran untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Dalam Al-Quran, Allah SWT berfirman, \\”Karenanya ingatlah kepada-Ku niscaya Aku akan ingat (pula) kepadamu.\\” (QS Al-Baqarah: 152). Dengan zikir, kita dapat menikmati ketidakhadiran Allah SWT yang lebih dekat dan lebih intens.
Menguatkan iman: Dalam Islam, zikir juga dianggap sebagai sistem yang tepat sasaran untuk menguatkan iman dan kepercayaan kepada Allah SWT. Dengan mengingat dan memuji Allah SWT secara terus-menerus, kita dapat memperkuat keyakinan kita bahwa segala sesuatu terjadi atas kehendak Allah SWT.
Menenangkan hati: Zikir juga mempunyai efek menenangkan hati dan pikiran. Dengan fokus pada zikir, kita dapat melepaskan diri dari kekhawatiran, stres, dan kegelisahan yang seringkali membebani pikiran kita.
Meningkatkan kebahagiaan: Zikir juga dapat meningkatkan rasa bersuka ria dan kepuasan dalam hidup. Dalam Al-Quran, Allah SWT berfirman, \\”Ingatlah cuma dengan mengingat Allah-lah hati menjadi tenteram.\\” (QS Ar-Ra\\’d: 28). Dengan zikir, kita dapat menemukan ketentraman dan kebahagiaan dalam hidup.
Membantu mengendalikan hawa nafsu: Zikir juga dapat menolong kita mengendalikan hawa nafsu dan dorongan negatif dalam diri kita. Dalam Al-Quran, Allah SWT berfirman, \\”Dan sebenarnya sholat itu mencegah dari (perbuatan-perbuatan) keji dan mungkar.\\” (QS Al-Ankabut: 45). Dengan zikir, kita dapat mengendalikan dorongan-dorongan negatif dalam diri kita dan menolong kita menjadi lebih baik sebagai manusia.
Meningkatkan kesabaran: Zikir juga dapat menolong kita meningkatkan kesabaran dalam menghadapi cobaan dan ujian dalam hidup. Dalam Al-Quran, Allah SWT berfirman, \\”Dan cuma orang-orang yang sabarlah yang dapat memperoleh pahala tanpa batas.\\” (QS Az-Zumar: 10). Dengan zikir, kita dapat menguatkan kesabaran dan ketahanan dalam menghadapi segala jenis cobaan dan ujian dalam hidup.
Inilah beberapa keutamaan zikir dalam Islam. Oleh karena itu, sebagai umat Muslim, kita sebaiknya selalu mengamalkan zikir dalam kehidupan sehari-hari.

Tentang Penulis

admin4