Daftar Kata Berakhiran U dalam bahasa Indonesia, Acuan untuk Pantun, Syair, dan Puisi

Pantun, syair, dan puisi merupakan ragam karya sastra yang memerlukan perpaduan kata-kata yang indah dan harmoni. Untuk menghasilkan karya-karya hal yang demikian, kita perlu memiliki kosa kata yang kaya dan bervariasi. Salah satu sistem untuk meningkatkan kosa kata kita merupakan dengan mengenal daftar kata berakhiran u.

Daftar kata berakhiran u bisa menjadi rujukan yang berguna ketika kita ingin membuat pantun, syair, ataupun puisi. Dengan mengenal kata-kata hal yang demikian, kita memiliki lebih banyak pilihan kata yang bisa diaplikasikan dalam karya sastra kita. Kecuali itu, dengan menggunakan kata-kata berakhiran u secara cerdas, kita bisa menghasilkan mahjong ways aliran dan melodi yang indah dalam karya kita.

Kata-kata berakhiran u juga bisa memberikan ragam dan keunikan dalam karya sastra kita. Dalam menghasilkan pantun, contohnya, kata-kata berakhiran u bisa diaplikasikan sebagai akhiran bait pantun yang bisa menyusun melodi yang menyenangkan. Meski dalam syair dan puisi, penggunaan kata-kata berakhiran u bisa memberikan nuansa yang lebih indah dan menggugah perasaan bagi pembaca.

Dengan mengenal daftar kata berakhiran u, kita bisa mengembangkan kreativitas kita dalam menghasilkan karya sastra yang unik dan memikat. Bagi kamu yang sedang membuat pantun atau puisi yang memerlukan kata berakhiran u, berikut merupakan sejumlah contohnya dan kata terkait, seperti yang telah dirangkum Liputan6.com dari beraneka sumber, Rabu (13/2/2024).

Kata Berakhiran u
Kata berakhiran huruf/suara u merupakan kata-kata dalam bahasa Indonesia yang diakhiri dengan suara /u/. Dalam bahasa Indonesia terdapat banyak kata yang berakhiran /u/ dengan beraneka ragam makna. Berikut merupakan 30 teladan kata berakhiran u beserta artinya menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia:

  1. Buru: melompat dengan cepat untuk menangkap atau mengejar sesuatu.
  2. Sabu: sejenis serat yang diciptakan dari tanaman khusus yang diaplikasikan untuk membuat tali. beku: menjadi keras dan tidak cair.
  3. Ibu: panggilan untuk menyebut seorang wanita yang telah berkeluarga dan memiliki anak.
  4. Malu: rasa takut atau kuatir akan dihina atau diolok-olok oleh orang lain.
  5. Tabu: larangan atau pantangan yang dianggap keramat atau sakral dalam suatu kebudayaan.
  6. Kupu-kupu: serangga yang memiliki dua pasang sayap yang berbentuk seperti bunga.
  7. Laku: hal atau tindakan yang dijalankan oleh seseorang.
  8. Labu: tanaman rambat yang buahnya acap kali dimanfaatkan sebagai makanan.
  9. Guru: pengajar atau pengajar yang memberikan ilmu terhadap murid-muridnya.
  10. Sabtu: hari ke-6 dalam sepekan.
  11. Baru: memiliki umur atau umur yang belum lama.
  12. Dulu: waktu lampau atau masa lalu.
  13. Tuju: arah atau target yang ingin dicapai.
  14. Madu: cairan yang banyak mengandung zat gula pada sarang lebah atau bunga (rasanya manis)

Tentang Penulis

admin4