Jokowi, Ma\’ruf Amin hingga Prabowo Bayar Zakat Lewat Baznas

Presiden Joko Widodo (Jokowi) beserta Wakil Presiden Ma\\’ruf Amin membayarkan zakat lewat Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) di Istana Negara Jakarta, Rabu (13/3/2024).

Kecuali Jokowi dan Ma\\’ruf, sejumlah menteri Kabinet Indonesia Maju juga ikut serta membayarkan zakatnya lewat Baznas.

Jokowi mengatakan berzakat yakni kewajiban setiap umat Islam sebagai format syukur dan terima beri atas barokah yang tak terhingga dari Allah Subhanahu Wa Ta\\’ala.

Menurut mantan Wali Kota Solo itu, berzakat memperkuat pondasi keimanan, menolong kaum duafa, mensucikan jiwa dari sifat kikir, dan meningkatkan ketenangan batin.

\\”Kita bersyukur bulan Ramadan gates of olympus yang suci datang kembali dan memberikan peluang terhadap kita untuk meningkatkan ketakwaan untuk memperbanyak amalan-amalan kebaikan, termasuk berinfak, bersedekah dan berzakat,\\” kata Jokowi dikala mempersembahkan sambutan.

Ia berpesan supaya dana zakat yang terkumpul disalurkan ideal target. Jokowi juga mengingatkan supaya zakat disalurkan terhadap masyarakat yang benar-benar membutuhkan, memberikan kebahagiaan terhadap mustahiq dan kedamaian pada muzaki.

\\”Semoga zakat yang kita keluarkan menyempurnakan ibadah Ramadan, kita meningkatkan ketakwaan kita terhadap Allah Subhanahu Wa Ta\\’ala,\\” ujar Jokowi.

Jokowi dan Ma\\’ruf Amin membayarkan zakat secara lantas lewat meja Baznas yang disediakan di Istana Negara. Pembayaran zakat dilakukan lewat sistem QRIS.

Ada 10 meja yang disediakan untuk para menteri dan pejabat eselon 1 yang berkeinginan membayar zakat. Berakhir membayarkan zakat, Jokowi mempersilakan para menteri dan kepala institusi untuk mengantri dan membayarkan zakatnya.

Menteri Jokowi Bayar Zakat

Sejumlah menteri yang membayar zakatnya yakni, Menteri Pertahanan sekalian calon presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Menteri Koordinator Bidang Politik, Peraturan, dan Keamanan Hadi Tjahjanto, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas.

Kemudian, Menteri Sosial Tri Rismaharini, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Menteri Investasi Bahlil Lahadalia, Menteri ATR/BPN Agus Harimurti Yudhohoyono, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto, hingga Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Tak diketahui, berapa nominal zakat yang dibayarkan Jokowi dan Ma\\’ruf tahun 2023 ini. Tetapi, Jokowi membayar zakat mal sebesar Rp55 juta dengan menggunakan uang tunai pada Ramadan 2019 lalu.

Jumlah zakat yang dibayarkan Jokowi tahun 2019 itu meningkat Rp5 juta diperbandingkan Ramadan 2018.

Tentang Penulis

admin4