Kiat Lancar Berkomukasi Via Chatting yang Semestinya Diketahui

  1. Pastikan nomor komunikan (nomor yang akan dituju)
    Sebelum memulai percakapan kita sepatutnya menentukan nomor komunikan (pihak yang menerima pesan), apakah telah layak nomor tersebut yaitu orang yang akan kita hubungi, kalau telah dipastikan benar silahkan simpan kontak yang bersangkutan tersebut dengan nama orisinil kalau itu seseorang yang penting misalkan dosen, guru atau kontak official instansi tertentu.
  2. Amati waktu
    Saat akan melaksanakan percakapan kita perlu memerhatikan waktu, kalau yang hendak kita hubungi yaitu seseorang yang bersifat formal sebaiknya tidak dilakukan diwaktu-waktu rehat supaya tidak menggaganggu waktu istirahatnya. Betapa bagusnya memperhatikan jam kerja pada biasanya
  3. Pakai bahasa yang baik dan sopan
    Jikalau yang hendak kita hubungi yaitu seseorang yang penting seperti dosen dan guru sebaiknya pakai bahasa baku dan tidak slot spaceman menggunakan bahasa-bahasa gaul serta menggunakan singkatan-singkatan yang tidak semua orang tau arti dari singkatan tersebut. Yang lain yang perlu diingat yaitu teknis penulisan text, direkomendasikan pemakaian kapitalnya layak dengan aturan, tidak bercampur huruf besar dan kecil. Figur yang salah “pErMisi B4paK, saYa NamiRaH”.
  4. Jangan Lupakan salam pembuka
    Ucapkan salam pembuka saat memulai percakapan, umpamanya “Assalamualaikum” atau “Selamat pagi/siang/petang” Jangan membuka percakapan dengan huruf “P” saja. Yang itu terkesan tidak sopan dan membikin penerima pesan tidak mau untuk membalas.
  5. Perkenalkan diri
    Kita perlu memberi tahu diri, kalau pesan yang kita kirim yaitu pesan pertama diantara kita dengan orang yang kita hubungi. Jangan lupa juga untuk menceritakan nama dan asalnya. Figur kalau hendak menghubungi dosen atau guru perkenalkan diri dengan menceritakan nama lengkap dan asal kelas atau program studi. Jangan menggunakan nama panggilan sebab tidak semua orang tau dengan nama panggilan kita. Dan mereka bukan buku telepon yang senantiasa menaruh nomor kontak kita pada ponselnya.
  6. Ucapkan permintaan maaf dan jelaskan tujuan mengirim pesan
    Sebelum menuliskan maksud dari mengirim pesan sampaikan permohonan maaf sebab mengganggu aktivitasnya, dan sampaikan tujuan mengirim pesan secara singkat dan lantas terhadap intinya (to the point) sebab tidak semua orang mempunyai waktu lowong untuk membaca pesan kita kalau terlalu panjang dan bertele-tele.
  7. Salam Penutup
    maksud dari berkirim pesan disampaikan akhiri pesan dengan ucapan terima kasih sebab telah melowongkan waktu untuk membaca dan membalas pesan kita.

Berikut contoh berkirim pesan lewat aplikasi whatsapp terhadap sebuah Perguruan Tinggi dengan tujuan bertanya berhubungan penerimaan mahasiswa baru.

Tentang Penulis

admin4