Kota dengan Tarif Hidup Termahal di Indonesia, Ternyata Ada Depok dan Bekasi

Badan Pusat Statistik (BPS) mengumumkan hasil Survei Tarif Hidup (SBH) 2022. Penyesuaian SBH ini bertujuan untuk memutakhirkan tahun dasar penghitungan Indeks Harga Konsumen (IHK)/Inflasi dari tahun 2018.

Mengutip data BPS terdapat lima kota dengan biaya hidup termahal di Indonesia per bulannya. Berikut daftar kota dengan biaya hidup termahal di Indonesia:

  1. DKI Jakarta
    DKI Jakarta menempati daftar urutan pertama kota dengan biaya hidup termahal di Indonesia dengan skor konsumsi (NK) Rp14,8 juta per bulan. Adapun bayaran minimum regional atau UMR Jakarta 2024 cuma sebesar Rp 5.067.381.
  2. Bekasi
    Bekasi menempati peringkat kedua https://www.freevirtualworldonline.com/ kota dengan biaya hidup termahal di Indonesia. BPS mencatat, biaya hidup di Bekasi mencapai Rp14,3 juta per bulan.
  3. Surabaya
    Diperingkat tiga kota dengan biaya hidup termahal di Indonesia ditempati oleh Surabaya mencapai Rp 13,3 juta per bulan. Surabaya sendiri diketahui sebagai kota sentra bisnis dan perdagangan di Jawa Timur.
  4. Depok
    Di posisi keempat terdapat Depok dengan skor konsumsi mencapai Rp12,3 juta per bulan. Adapun, Bayaran Minimum Kota (UMK) Depok 2024 diterapkan sebesar Rp 4.878.612.
  5. Makassar
    Berikutnya, Makassar menduduki peringkat kelima sebagai kota dengan biaya hidup termahal di Indonesia mencapai Rp11,5 juta per bulan. Adapun penyangga utama perekonomian Makassar antara lain, sektor bisnis, perdagangan, hotel dan restoran serta properti.

Ekonomi Indonesia Tumbuh 5,11% di Kuartal I 2024, Jakarta Bagaimana?

Sebelumnya, berdasarkan rilis BPS, pertumbuhan ekonomi Jakarta pada triwulan I 2024 konsisten kuat sebesar 4,78% (yoy), meski sedikit melambat diperbandingkan triwulan sebelumnya (4,85% yoy).

Dari sisi permintaan, pertumbuhan ekonomi DKI Jakarta yang konsisten kuat ditopang oleh meningkatnya konsumsi RT, konsumsi Pemerintah dan konsumsi LNPRT. Di sisi lain, ekspor dan investasi tumbuh melambat.

\\”Adapun impor tumbuh meningkat sehingga ikut menjadi pembendung pertumbuhan. Sementara itu, dari sisi Lapangan Usaha (LU) utama, pertumbuhan secara khusus ditopang oleh meningkatnya performa LU perdagangan, LU konstruksi, dan LU infokom. Tapi, LU utama lainnya seperti industri pengolahan dan jasa keuangan tumbuh lebih rendah,\\” kata Direktur Eksekutif Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi DKI Jakarta Arlyana Abubakar dalam keterangan tertulis, Selasa (7/5/2024).

Dari sisi permintaan, konsumsi RT tumbuh sebesar 5,25% (yoy), lebih tinggi dari triwulan sebelumnya yang tumbuh 5,23% (yoy). Pertumbuhan secara khusus disupport oleh meningkatnya konsumsi pada klasifikasi hotel dan restoran serta klasifikasi transportasi, komunikasi, rekreasi dan kultur.

Berikutnya, konsumsi Pemerintah juga tumbuh lebih bagus dengan pertumbuhan yang tinggi mencapai 30,30% (yoy), diperbandingkan dengan triwulan sebelumnya yang mencatat kontraksi 5,04%.

Konsumsi Pemerintah yang tumbuh lebih bagus secara khusus disupport oleh meningkatnya belanja pegawai sejalan dengan kenaikan gaji ASN dan penyaluran THR yang lebih awal serta meningkatnya belanja barang dan jasa untuk menunjang pemilu 2024.

Adapun konsumsi LNPRT tumbuh tinggi mencapai 19,70% (yoy) diperbandingkan triwulan sebelumnya yang tumbuh 15,43% (yoy) sejalan dengan meningkatnya kesibukan partai politik untuk menunjang pemilu serta meningkatnya kesibukan institusi keagamaan dan organisasi masyarakat pada bulan Ramadhan.

Adapun ekspor tumbuh melambat dari 4,46% (yoy) pada triwulan sebelumnya menjadi 3,23% (yoy) pada triwulan I 2024. Perlambatan secara khusus disebabkan oleh kontraksi pada ekspor barang secara khusus pada komoditas mesin dan kelengkapan listrik, kendaraan dan bagiannya serta lemak dan minyak hewan/nabati.

Tentang Penulis

admin4