Manfaat Jalani Hubungan yang Sehat, Salah Satunya Bikin Panjang Umur

Punya pasangan dan memiliki relasi yang sehat tentu idaman bagi banyak orang. Terlebih jika punya relasi yang bagus juga dengan keluarga dan sahabat bisa berakibat bagus pada kesehatan seseorang.

“Orang-orang yang terlibat dalam relasi relasi yang positif memiliki kunjungan dokter lebih sedikit, kunjungan ke rumah sakit lebih judi bola parlay singkat, lebih sedikit rasa sakit, dan emosi terkontrol,” ujar Kirtly Parker Jones, MD Wakil Ketua Pengajaran Departemen Obstetri dan Ginekologi di Universitas Kesehatan Utah.

Menurut penelitian, manfaat miliki relasi yang sehat dengan orang-orang di sekitar termasuk pasangan dan keluarga yang diinfokan dari situs Health University of Utah sebagai berikut:

  1. Panjang Umur

Peneliti menunjukan bahwa orang yang menjalin relasi positif dan harmonis akan hidup lebih lama. Adapun unsur yang mendukung merupakan berkurangnya stres karena berada dalam relasi yang positif. Dengan berada di lingkungan yang bagus, seseroang bisa meninggalkan tradisi hidup lama yang buruk. Umpamanya pasangan akan meninggalkan tradisi seperti mengisap rokok dan meminum minuman keras.

\\”Orang-orang, terpenting laki-laki, menjadi lebih sehat saat mereka menikah, dan mereka hidup lebih lama,” ujar Jones

  1. Sembuh dengan Pesat

Dukungan dari orang terdekat amat menolong mengurangi stres pasien, mereka yang berada dalam relasi penuh cinta akan merasa bersemangat untuk sembuh.

\\”Lazimnya, kami mengamati pasien dengan dukungan sosial yang kuat memiliki pemulihan yang lebih bagus,” ujar Benjamin A. Steinberg, MD profesor kedokteran di Divisi Kedokteran Kardiovaskular di Universitas Kesehatan Utah.

  1. Berkurangnya Risiko Darah Tinggi
    Perasaan aman dan damai karena berada di dalam relasi yang tepat membikin risiko seseorang natural darah tinggi berkurang. Hal ini lantaran dia menikmati kenyamanan dalam relasi.

\\”Emosional memberikan efek negatif bisa berakibat buruk pada kesehatan,” ungkap Steinberg.

Selain itu, orang yang memiliki relasi positif akan lebih rileks dan lebih sering kali melakukan olahraga atau kesibukan lain yang bermanfaat bagi jantung.

  1. Meningkatnya Cara Kekebalan Tubuh

Peneliti mengamati orang yang memiliki relasi sehat cenderung tidak memiliki stres, kecemasan, dan depresi. Hal itu disebabkan suportif dalam relasi menciptakan oksitosin yang banyak.

  1. Bugar Lahiriah Dikala

Terlebih berada dalam keadaan yang susah, dukungan dari keluarga dekat termasuk pasangan bisa memberikan dorongan untuk bangkit.

Terlebih pada relasi yang romantis, umumnya membikin seseorang bersemangat untuk menonjol bagus, misal menurunkan berat badan atau menambahnya. Hal-hal seperti itulan yang membikin orang dalam relasi yang positif mendapatkan lahiriah yang bugar.

Tentang Penulis

admin4