Ngaku Punya Saham PT Antam, IRT di Depok Raup Rp20 M dari Investasi Emas Bodong

Kapolres Metro Depok, Kombes Arya Perdana mengatakan, penangkapan dilaksanakan setelah polisi menerima laporan dari 25 orang korban penipuan investasi emas bodong. Sebelum dicokok, para korban sudah mengepung rumah tersangka di kawasan Cilodong, Depok agar pelaku tidak melarikan diri.

Tersangka ini mengaku sebagai salah satu pemilik saham di PT Antam,” ujar Arya, Rabu (8/5/2024).

Arya menjelaskan, tersangka kapabel membujuk rayu para korban sehingga menginvestasikan uangnya. Korban memberikan uang terhadap tersangka mulai dari Rp300 juta sampai Rp1 miliar per orang.

“Uang yang terkumpulkan sudah sampai Rp20 miliar. Kita ketika ini sedang mendalami uang tersebut dipakai untuk apa,” terang Arya.

Adapun format keuntungan yang dijanjikan tersangka terhadap para korban merupakan sebesar 10 persen dari skor investasi yang diberikan. Arya mencontohkan, jika korban menginvestasikan uangnya sebesar Rp300 juta, karenanya akan menerima keuntungan Rp30 juta.

“Adapun besaran investasi tiap daftar joker123 korban berbeda, itulah yang dijanjikan tersangka agar para korban tertarik investasi,” ucap Kapolres.

Untuk menguatkan dan menyakinkan para korban, tersangka mengaku sebagai salah satu pemilik saham di PT Antam Tbk.

Adapun kasus dugaan penipuan investasi emas bodong tersebut sudah berlangsung sejak Desember 2023. “Kita masih mendalami apakah ada orang lain yang turut lagi, turut serta, atau menerima hasil kejahatan ini,” ungkap Arya.

Beraksi Sendiri

Polres Metro Depok masih menggali keterangan tersangka berhubungan aliran uang milik para korban. Polisi juga menemukan barang-barang mewah milik tersangka. Selain itu, Polres Metro Depok juga menyita rekening tersangka untuk kebutuhan penelusuran.

“Kita belum tahu apakah barang-barang mewah itu ada setelah dia mengerjakan penipuan, atau sebelum mengerjakan penipuan,” tutur Arya.

Sampai sekarang, Polres Metro Depok belum mendapati keterangan berhubungan korban yang sudah menerima keuntungan dari investasi yang dijanjikan tersangka. Polisi baru menerima keterangan tersangka yang mengaku melancarkan aksinya cuma seorang diri.

Sampai ketika ini yang bersangkutan masih mengaku perbuatannya dilaksanakan seorang diri. Latar belakang tersangka cuma ibu rumah tangga, bukan pegawai Antam,” kata Arya memungkasi.

Tentang Penulis

admin4