TIPS MENJAGA HUBUNGAN LANGGENG PAS MENIKAH HINGGA TUA

Bahagia dan menua bersama Rtp Slot pasangan tak datang begitu saja, harus diperjuangkan dengan saling jaga perhatian, kasih sayang, dan komunikasi”

Melihat pasangan yang setia sampai tua, terkadang muncul pertanyaan di benak, apa tips menjaga hubungan sampai langgeng itu? Padahal menjaga hubungan itu tidaklah gampang, bahkan saat ini ada banyak sekali hubungan yang pupus di tengah jalan.

Berdasarkan survey Katadata pada tahun 2022, terdapat sebanyak 516.334 angka perceraian. Nilai tersebut ternyata lebih tinggi sebesar 15% daripada tahun 2021. Adanya tren kenaikan angka perceraian tentunya memunculkan ketakutan tersendiri untuk menjalin hubungan.[1]

Namun, tahukah kamu, dibalik angka perceraian tersebut, banyak juga keluarga yang harmonis bahkan romantis hingga tua. Langgengnya hubungan tentunya dipengaruhi oleh banyak faktor, salah satunya komunikasi.

Apabila kamu sedang dalam tahap membangun hubungan, coba yuk simak tips berikut, agar hubunganmu makin langgeng hingga tua nanti.

1. MEMBIASAKAN TERBUKA DENGAN PASANGAN

Komunikasi adalah salah satu kunci hubungan langgeng dan sehat. Melalui komunikasi, semua bentuk unek-unek yang ada di pikiran bisa tersalurkan dengan baik dan tumbuh saling pengertian dengan pasangan.

Berdasarkan Jurnal, sebanyak 35% kasus perceraian yang terjadi karena masalah komunikasi. Bentuknya bisa beragam, seperti adanya rasa tidak dihargai oleh salah satu pasangan, merasa pasangan tidak pernah mendengarkan keluh kesahnya, dan sebagainya.[2]

Oleh karena itulah keterbukaan itu penting, bahkan terhadap hal sepele, seperti rencana refreshing, hingga masalah yang lebih kompleks, contohnya finansial.

2. LUANGKAN WAKTU UNTUK FOKUS BERDUA

Ada perbedaan signifikan ketika masih pacaran, baru menikah, dan punya anak. Perbedaannya terletak pada seberapa banyak waktu luang untuk pasangan. Ketika pacaran dan awal menikah, waktu untuk pasangan cenderung lebih banyak dan intens.

Namun, setelah punya anak dan kesibukan kerja semakin tinggi, mulai menurunlah intensitas waktu berdua. Prof Philip Cowan meneliti bahwa 92% pasangan mengalami konflik setelah memiliki anak. 1 dari 4 keluarga menunjukkan adanya stress berat.[3]

Namun hal tersebut tidak terjadi pada keluarga yang rutin meluangkan waktu Bersama pasangan. Kegiatan sederhana seperti mengecup kening ketika bangun tidur, nonton tv bersama, makan malam bersama, ternyata memiliki efek besar terhadap keharmonisan berpasangan.

3. HINDARI MENGAMBIL KEPUTUSAN SAAT SEDANG EMOSI

Masalah bisa datang kapan saja dan di setiap fase pernikahan, bentuk masalahnya berbeda-beda. Kondisi tersebut tak jarang membuat kesabaran masing-masing pasangan diuji. Ketika sedang capek, ternyata ada masalah rumah, di sinilah emosi harus kamu kendalikan.

Ketika kamu sedang emosi atau capek, terkadang bisa secara tidak sadar melontarkan keputusan atau kata-kata yang menyakiti pasangan. Suasana akan semakin keruh ketika pasangan juga tersulut dan berakhir pada pertengkaran.

Oleh karena itu, kunci hubungan langgeng sampai tua terletak juga pada cara mengontrol emosi. Apabila sedang capek atau tidak berfikir jernih, ada baiknya menyampaikan dan mengagendakan mengobrol di lain kesempatan.

4. KURANGI SIFAT IMPULSIF, PERBANYAK BEREMPATI

Ingin hubungan langgeng dan romantis? Cobalah untuk mengurangi sifat impulsif dan lebih banyak berempati. Sifat impulsif adalah kecenderungan merespons stimulus tanpa memikirkan dampaknya terlebih dahulu.[4]

Contohnya ketika melihat uang belanja yang kamu titipkan ke istri habis lebih cepat daripada biasanya. Alih-alih memarahi istri, ada baiknya mengomunikasikannya terlebih dahulu. Mencoba memahami apa kebutuhan belanja, sehingga uangnya lebih cepat habis.

5. BERI HADIAH KECIL DI HARI ISTIMEWA

Seberapa sering kamu memberikan hadiah untuk pasangan? Bila sudah mulai jarang, yuk coba rutinkan kembali. Hadiahnya tidak perlu mewah atau mahal, hadiah sederhana seperti memberikan kue saat ulang tahun atau membelikan makanan kesukaan setiap pulang kerja, sudah cukup kok.

Hadiah tersebut memang tidak seberapa, namun di mata pasangan, hadiah tersebut merupakan simbol bahwa ia masih dicintai. Apabila ada budget lebih, sesekali ajaklah jalan-jalan atau liburan. Ini bisa jadi cara menjaga hubungan agar tidak bosan dan tetap sehat.

6. PERCAYA PADA PASANGAN DAN SALING MENGHARGAI

Belum banyak pasangan menyadari kalau cara membuat hubungan langgeng ldr atau ldm adalah saling percaya. Memberikan kepercayaan dan menghormati sesama pasangan akan semakin menumbuhkan rasa cinta.

Hindari memikirkan prasangka-prasangka buruk terhadap pasangan. Lebih baik komunikasikan bila memiliki masalah-masalah tertentu. Sehingga tidak sampai timbul pertengkaran.

7. SESEKALI AJAK PACARAN, CANDLELIGHT DINNER BOLEH JUGA!

Tahu nggak, terkadang pasangan itu merindukan masa-masa ketika pacaran. Suasana romantisnya, suasana privat berdua, dan saling memuji satu sama lain. Momen ini bisa kamu ulang lho, tinggal ajak pasangan untuk candlelight dinner berdua (anak titipkan dulu ke keluarga).

Tidak harus dinner mewah di restoran, bisa juga mereplika momen romantis di rumah yang sederhana. Asalkan hidangannya spesial, nuansanya romantisnya akan terasa banget. Salah satu rekomendasi hidangan yang bisa kamu pakai untuk dinner berdua adalah menu steak Holycow.

Setiap potongannya terbuat dari daging wagyu premium pilihan, kualitas rasanya tentu istimewa. Untuk menu semewah ini harganya sangat murah dan terjangkau. Sehingga jangan sampai lewatkan pacaran berdua bersama pasangan ya.

Tentang Penulis

admin6